Kebanggaan Tersendiri Kuliah Sambil Cari Duit

SEBAGAI mahasiswa, saya yakin kita semua bercita-cita ingin lulus tepat waktu dengan prestasi yang gemilang. Namun, ada satu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri jika selama kita berjibaku di medan ilmu, segala biaya dan pengeluaran mampu kita cukupi sendiri tanpa meminta kepada orang tua bahkan kalau bisa mengirimi mereka, tentu akan bertambah besar kebanggaan dan kecintaan orang tua nun jauh di kampung sana. Wah, susah cari duit sendiri sekaligus kuliah apalagi kalau kuliah di ITB yang jadwalnya padat. Tidak ada kata sulit jika kita belum mencoba. Kuncinya adalah enterpreneurship. Jiwa entrepreneurship akan membuat seseorang menjadi pribadi yang mandiri dan kreatif. Mandiri karena mampu menghidupi kebutuhannya sendiri tanpa bergantung pada orang tua apalagi orang lain. Ketergantungan kita pada orang lain lambat laun akan meruntuhkan harga diri. Kreativitas akan tumbuh karena dalam melakukan usaha, pasti akan ditemui berbagai masalah dan rintangan.

Jiwa entrepreneurship perlu ditanamkan dan dimiliki oleh mahasiswa sebagai the agent of change. Rasulullah pernah bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT suka kepada hamba yang berkarya dan terampil. Barang siapa bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya, maka dia serupa dengan seorang mujahid fisabilillah.” (HR.Imam Ahmad)

Luar biasa penghargaan Allah kepada orang yang melakukan usaha, apalagi hasilnya diperuntukkan untuk membiayai kuliah yang juga merupakan tugas mulia. Menurut Aa Gym, tidak ada kegagalan dalam berusaha, yang gagal yaitu yang tidak pernah mencoba berusaha. Gagal merupakan informasi menuju sukses, keuntungan bukan hanya untung untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. Kredibilitas diri kita adalah modal utama dalam berwira usaha, dengan menahan diri untuk tidak menikmati kebahagiaan orang lain sebagai keberuntungan kita.

Menjadi seorang wirausahawan tidak harus mendirikan bisnis sendiri atau semacamnya. entrepreneurship adalah sikap mental yang mandiri, kreatif, pantang menyerah, dan penuh inovasi. Ada banyak cara untuk memulai menjadi entrepreneurship. Pertama adalah memahami dasar-dasar ilmu bisnis. Anda bisa mendapatkan semua itu di seminar-seminar, internet, diskusi dengan yang sudah berpengalaman atau mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang bernuansa entrepreneurship semisal koperasi mahasiswa atau pers kampus.

Kedua, setelah menguasai teorinya, lakukan penilaian secara jujur terhadap diri sendiri mengenai minat dan kemampuan atau keahlian yang dimiliki. Hal ini penting untuk menentukan usaha apa yang akan dilakukan. Ketiga, setelah mengenal betul diri anda dan faktor eksternal, tentukan jenis usaha apa yang akan dijalani. Jika anda memiliki keahlian dalam bidang komputer misalnya desain grafis, anda bisa membuka usaha kecil-kecilan seperti jasa layout kaos, pembuatan kartu ucapan, jasa desain iklan surat kabar atau anda bisa bekerja secara freelance pada percetakan, digital printing maupun surat kabar.

Bagi rekan-rekan yang bisa nulis, bisa menjadi penulis freelance pada berbagai surat kabar. Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menghasilkan uang. Menurut Zaenuddin H.M. dalam bukunya “Freelance Media: Cara Gampang Cari Uang”, penulis freelance adalah orang yang secara rutin mengirimkan tulisan-tulisannya ke media massa cetak. Berbagai jenis tulisan yang dikirim berbentuk puisi, cerpen, esei, artikel kesehatan, teknologi, dan politik. Siapa saja bisa menjadi penulis asalkan memiliki kemauan dan mau belajar.

Lalu modal apa yang diperlukan untuk menjadi penulis? Pertama adalah kemampuan menulis yang baik. Anda bisa mempelajarinya dari banyak buku. Kedua, punya perlengkapan pendukung yakni komputer, internet dan printer. Internet digunakan sebagai media untuk mencari referensi. Saat ini sebagian besar surat kabar menerima naskah melalui e-mail sehingga penting bagi anda untuk mengetahui alamat email surat kabar yang anda tuju.

Cara lain untuk mencari uang adalah dengan mengajar privat. Untuk menjadi pengajar privat, yang anda butuhkan hanyalah waktu dan sedikit kemampuan mengajar. Waktu amat penting karena mengajar memerlukan waktu yang tidak sedikit dan jika anda tidak pandai mengaturnya bisa mengganggu jadwal kuliah. Untuk mendapatkan murid, bisa melalui memasang iklan di koran atau di tempat-tempat tertentu. Tarif mengajar bervariasi mulai dari Rp 15.000,00 hingga Rp 50.000,00 perjam.

Masih ada banyak cara bagi rekan kampus yang ingin mencari duit sendiri. Paling baik adalah dengan mengandalkan ilmu yang didapat di bangku, mahasiswa elektro bisa nyambi menjadi circuit layouter atau menjadi teknisi komputer, mahasiswa informatika menyediakan jasa web desain dan programming, mahasiswa jurnalistik bisa bekerja part time di surat kabar, dan lain-lain. Kuncinya adalah kerja keras dan doa. Semoga bermanfaat

Diambil dari http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0804/26/1106.htm

One Response to Kebanggaan Tersendiri Kuliah Sambil Cari Duit

  1. syamsuardialpath says:

    thanks atas tipsnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: